Cara Cerdas Memilih Kontraktor Jogja

Memang, memilih kontraktor yang jujur dan berkualitas sesuai kebutuhan itu adalah hal yang susah.  Namun bisa jadi mudah apabila Anda memiliki anggaran yang besar dimana Anda cukup memilih kontraktor kondang karena soal harga tidak menjadi masalah. 

Namun kalau budget tidak begitu mendukung?

Lantaran pekerjaan kontraktor merupakan bidang yang sifatnya teknis, maka para pengguna jasa kontraktor pun kurang begitu memahami tentang seluk beluk pekerjaan dan seberapa harus membayar. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para kontraktor yang tidak jujur untuk mencurangi klien.

Kontraktor besar biasanya tidak akan main-main dengan reputasi mereka dan menghindari berbuat curang. Mereka akan mengutamakan kualitas dan mengharap keuntungan murni dari pembayaran klien.

Berbeda dengan kontraktor yang belum terkenal luas dengan kualitas yang masih dipertanyakan. Seandainya mereka adalah orang yang jujur maka tidak akan ada masalah, bagaimana jika tidak? Namun perlu dicatat pula bahwa tidak semua kontraktor naik daun itu curang. Bisa saja itu hanya ulah oknum tak bertanggung jawab, dan bukan kontraktor yang mengerjakan proyek Anda.

cara cerdas memilih kontraktor jogja

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan saat memilih menggunakan jasa kontraktor agar konstruksi yang sudah direncanakan berjalan sesuai harapan, diantaranya:

1. Legal
Sebisa mungkin Anda memilih kontraktor yang sudah terdaftar dan berbadan hukum, memiliki kantor yang jelas serta mengantongi surat izin resmi. Pastikan bahwa kontraktor yang akan Anda pekerjaan adalah perusahaan yang legal dan sah. Keuntungan lainnya, kontraktor yang berbadan hukum ini memiliki reputasi yang dapat dibuktikan dari sejumlah pekerjaan yang telah dirampungkan.

2. Cek Hasil
Selanjutnya, untuk menilai bagaimana hasil pekerjaan kontraktor yaitu dengan mendatangi langsung tempat dan bangunan yang telah dibangunnya. Jangan langsung percaya dengan cerita maupun foto bangunan yang diperlihatkan pada Anda. Luangkan waktu Anda guna memeriksa langsung hasil pekerjaan atau bahkan kinerja kontraktor.

3.Rekomendasi
Para klien yang merasa puas dengan hasil pekerjaan kontraktor, pastinya tidak akan keberatan atau bahkan dengan senang hati memberikan rekomendasi kepada Anda untuk menggunakan jasa kontraktor tersebut. Semakin banyak informasi, testimoni dan rekomendasi yang Anda dapatkan maka semakin baik pula Anda mengenali kinerja kontraktor tersebut.

4. Cek Timnya
Seorang kontraktor kemungkinan besar tidak akan dapat bekerja sendirian saja. Umumnya mereka akan mengajak pihak lain dalam pengerjaan bagian tertentu seperti bagian interior rumah, bagian dapur dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya Anda juga mengetahui siapa saja yang menjadi tim kontraktor tersebut.

5. Spesialisasi
Seorang kontraktor biasanya juga memiliki spesialisasi sendiri atau biasa mengerjakan bangunan jenis tertentu. Contoh, kontraktor berpengalaman mengerjakan rumah gaya minimalis, maka kontraktor ini sesuai Anda pekerjaan jika Anda memang menginginkan hunian minimalis. Hal ini karena mereka memiliki pengalaman lebih baik pada gaya tersebut dibanding kontraktor umum.

 6. Kontrak
Kontraktor profesional tidak akan segan membuatkan kontrak kerja yang merupakan hasil musyawarah pemilik rumah dengan pihak kontraktor. Usahakan kontrak yang dibuat tersebut sudah mencakup detail, rinci, lengkap dan melindungi kedua belah pihak. Di dalam kontrak tersebut juga dijelaskan tentang kapan proyek dimulai, biaya apa saja yang termasuk, jenis bahan yang digunakan, tahapan pembayaran hingga garansi dengan tanda tangan di atas materai.

7. Garansi
Kontraktor profesional akan memberi jaminan hasil pekerjanya dengan cara memberikan garansi kualitas hasil bangunan. Biasanya, garansi berupa ongkos pengerjaan secara gratis seandainya ada masalah yang muncul selama kurun waktu tertentu.

Demikianlah beberapa cara cerdas guna mengetahui kontraktor yang Anda pekerjakan berkualitas. Konstruksi apapun merupakan bentuk investasi jangka panjang dan bisa digunakan jangka panjang. Adalah hal wajar jika pemilihan kontraktor dilakukan dengan hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar