Percayakan Pembangunan Rumah Pada Pemborong Bangunan


Tak jarang muncul keinginan untuk membangun rumah sendiri tanpa meminta bantuan pada arsitek atau pemborong. Akan terbayang rasa bangga ketika hasil karya menjadi kenyataan. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh seorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam hal bangun-membangun saja tentunya.


Percayakan Pembangunan Rumah Pada Pemborong Bangunan
Pekerjaan Pembangunan Rumah


Mengenal Jasa Kontraktor dan Pemborong Rumah

Apabila Anda tidak memiliki kedua hal di atas atau tidak ada waktu untuk mengerjakan segala macam keperluan konstruksi rumah, maka memanfaatkan jasa kontraktor dan pemborong menjadi alternatif terbaik. Mengapa? Karena tenaga ahli ini membantu Anda dalam menentukan peralatan, bahan, membuat desain dan lain sebagainya. Anda tinggal mengontrol prosesnya saja.

Kontraktor adalah seseorang ataupun suatu badan hukum dan usaha yang terikat kontrak agar melaksanakan proyek pekerjaan berdasar pada isi kontrak yang telah disepakati antara kontraktor dengan pemilik proyek. Kontraktor umumnya mengerjakan proyek berskala besar karena memiliki sertifikasi dan lisensi resmi.

Pemborong sendiri terdiri atas pekerja berpengalaman dalam hal konstruksi. Pemborong ini tidak mengantongi izin usaha resmi serta tak berbadan hukum dan hanya bekerja sesuai dengan perjanjian secara lisan. Umumnya, pemborong ini mengerjakan pembuatan rumah tinggal yang tak terlalu tinggi biayanya dan lebih fleksibel.

Jasa pemborong banyak dipilih di Indonesia karena karena biaya yang lebih murah dibanding kontraktor. Proses proyek pun tak terlalu berbelit tanpa membuat RAB dan SPK. Namun demikian ada resiko yang juga harus diketahui antara lain tidak dapat dibawa ke ranah hukum seandainya ada masalah.

Hal ini sangat masuk akal karena ada resiko yang harus dibayar ketika Anda memilih jasa yang lebih murah.  Dengan kinerja yang lebih terstruktur dan terjamin, wajar jika biaya yang ditarifkan akan lebih tinggi dibanding pemborong. Namun ada tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah pemborong ini.

Pastikan bahwa harga yang dipatok tersebut sudah termasuk ongkos jasa, alat dan bahan bangunan. Selain itu pilihlah pemborong yang memiliki reputasi yang baik. Tanyakan kepada klien mereka terdahulu. Jika feedback yang diberikan positif, maka Anda pun bisa lebih lega.

Untuk mendapatkan layanan terbaik, Anda harus selektif dalam memilih layanan pemborong. Selain cara di atas, Anda juga bisa mencari bangunan mana saja yang telah mereka kerjakan. Lihat apakah bangunan tersebut masih bagus atau tidak.

Meskipun hanya berbasis perorangan atau kumpulan orang yang ahli membangun, tak jarang pemborong ini memiliki badan hukum pula. Jika demikian, Anda pun tidak perlu khawatir terjadinya penipuan atau penggelapan sebab mereka pasti akan berusaha mempertahankan ijin usahanya.

Pilih pula pemborong yang memasang harga secara wajar, tidak terlalu tinggi atau terlalu murah. Jangan mudah tergiur oleh penawaran harga murah namun justru mendapat layanan yang kurang memuaskan. Salah hitung, bisa saja pekerjaan rumah Anda dibiarkan terbengkalai karena tidak tercapai kesepakatan antara Anda dengan pemborong.

Usahakan pula untuk menggunakan jasa pemborong yang memiliki modal besar. Para pemborong yang kurang bonafide biasanya hanya bergantung pada model proyek saja. Sehingga tak jarang pekerjaan mereka menjadi molor dan kurang berkualitas.

Tak jarang pula pemborong yang memberikan garansi atas pekerjaan mereka. Hal ini memastikan bahwa proses pembangunan rumah Anda tidak akan terhenti di tengah jalan karena hal yang dapat diantisipasi sebelumnya.

Dengan demikian, Anda pun tak perlu ragu untuk memanfaatkan jasa pemborong dalam mengerjakan rumah impian Anda. Selain lebih hemat, pemborong juga menjadi pilihan yang lebih fleksibel, praktis dan efisien ketika jasa kontraktor tidak masuk dalam jangkauan budget Anda. Percayakan proses pembangunan rumah Anda pada pemborong pilihan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar