Tips Jitu Membuat Desain Rumah Idaman

Memiliki rumah idaman menjadi mimpi setiap orang. Bukan rahasia lagi jika saat ini harga rumah di Indonesia melambung sangat tinggi apalagi di kota-kota yang menjadi daya pikat atau di kota wisata yang mana memang memiliki nilai jual lebih. 

Namun hal tersebut bukan menjadi satu alasan untuk anda menunda mimpi memiliki rumah idaman. 

Setiap orang memiliki keinginan model rumah yang berbeda-beda. 

Ada yang senang dengan gaya rumah minimalis, ada yang senang dengan gaya rumah modern, ada yang senang dengan gaya rumah klasik yang nampak tradisional. 

Semua rumah idaman adalah baik dan akan sangat sempurna jika didesain dengan matang sehingga tidak ada satu bagian pun yang akan terlewatkan.


Tips Jitu Membuat Desain Rumah Idaman



Berikut ini ada beberapa tips paling jitu untuk membuat desain rumah idaman yang Anda miliki:

  • Mencari Referensi
Carilah berbagai macam referensi baik dari media cetak, website atau dari rumah orang lain yang mungkin Anda suka. Mencari referensi bukan berarti mencontoh atau menduplikat rumah orang tersebut tetapi hanya menjadikannya sebagai masukan saja. 

Cara lainnya mendapatkan referensi adalah dengan mengunjungi pameran property yang banyak diadakan di mall atau hotel sehingga model bangunan dan isi rumah nya bisa Anda lihat dengan detail. 

Referensi juga bisa datang dari masukkan anak, isteri atau orang terdekat seperti sahabat yang mungkin saja memiliki ide diluar yang sudah Anda bayangkan sebelumnya.

  • Menentukan Penghuni di Dalamnya
Ini adalah hal yang juga tidak kalah penting dimana membangun sebuah rumah idaman tidak terlepas dari jumlah penghuni yang ada di dalam sana nantinya. 

Untuk yang sudah berkeluarga misalnya, bisa memperhitungkan jumlah kamar sesuai jumlah anak-anak, jika anak berjumlah 3 orang maka harus ada 4 buah kamar. 

Jika anak berjumlah 1 maka bisa membuat 2 kamar saja. Untuk kapasitas yang lebih besar seperti jika ada tanggungan lain maka bisa mempersiapkan kamarnya juga. Atau yang membutuhkan kamar tamu dan kamar pembantu juga bisa disiapkan. 

Untuk ukuran kamarnya sendiri bisa disesuaikan dengan kapasitas lahan yang ada. Kamar tamu dan kamar pembantu biasanya tidak perlu terlalu luas. Bisa juga Anda pikirkan mengenai penempatan kamar mandi apakah akan ada di setiap kamar atau tidak. 

Hal-hal seperti itu sangat penting namun seringkali terlewatkan.

  • Buatlah Desain Ruangan Atau Denah
Untuk desain ruang atau denah ini yang harus anda tentukan pertama kali adalah ukurannya. 

Untuk kamar tidur minimal biasanya berukuran 3x3 meter dan kamar mandi biasanya 1,5x2 meter namun jika kapasitas lahan yang Anda punya cukup luas maka kamar utama bisa dibuat lebih lebar lagi. 


Kemudian siapkan ukuran untuk dapur, ruang keluarga, ruang makan dan ruang tamu. 

Jika Anda senang berkumpul dengan keluarga maka siapkan ukuran yang lebih luas sehingga seluruh keluarga bisa puas dan lenggang saat sedang bersama.

  • Buat Sketsa & Gambar
Buatlah sketsa dan gambar untuk desain rumah idaman Anda sehingga bangunan yang akan dibuat berdasarkan gambar dan bukan hanya insting saja. 

Gambar pun bisa dibuat ke dalam bentuk 3D sehingga nampak real dari pada sketsanya saja. 

Jika Anda masih kesulitan membuatnya sendiri maka bisa menggunakan jasa home designer untuk membuat desain, sketsa hingga selesai. 

Nantinya pihak kontraktor hanya perlu mengikuti gambar yang ada saja untuk proses pembangunannya. 

Untuk proses finishing bisa sesuai keinginan Anda akan dibuat seperti apa karena finishing biasanya berhubungan dengan dekorasi, warna atau pilihan perabot interior rumah. 

Itulah sekilas tentang Tips jitu Membuat Desain Rumah Idaman.
Baca 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar