Tips Memilih Pemborong Bangunan Terpercaya


Untuk mendapatkan bangunan rumah yang berkualitas dan sesuai harapan, banyak orang yang memanfaatkan jasa pemborong bangunan. Bukan hanya lantaran alasan tidak ingin repot, namun juga dikarenakan alasan kesesuaian ide dengan kenyataan. Alhasil, kini jasa pemborong pun mulai banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Tips Memilih Pemborong Bangunan Terpercaya


Bagaimanakah Cara Menemukan Pemborong Berkualitas?
Lantaran jasa pemborong bangunan yang kini semakin banyak dengan harga dan penawaran yang bervariasi. Tak jarang calon klien menjadi bingung dalam menentukan jasa pemborong yang baik sesuai dengan budget dan keinginan mereka.

Memilih pemborong atau kontraktor yang baik, berkualitas dan terpercaya memang bisa menjadi perkara yang rumit. Sebab meskipun Anda sudah menyiapkan dana dan desain sekalipun, tenaga pekerja yang tidak berkualitas dan tidak jujur akan membuat proyek Anda terbengkalai atau bahkan macet. Tips berikut ini bisa coba Anda lakukan untuk memilih pemborong bangunan, antara lain:

  • Lihat Hasil Bangunan
Ketika berburu jasa pemborong, maka Anda bisa mulai melihat-lihat bangunan yang berada di sekitar daerah Anda. Umumnya bangunan yang baik, dibuat oleh kontraktor dan pemborong berkualitas. Temukan bangunan yang paling ideal sesuai dengan keinginan Anda.

Selanjutnya, cari tahu siapa pemborong yang mengerjakan bangunan tersebut. Dengan demikian, menemukan pemborong yang bagus dapat dilakukan dari hasil bangunan yang telah dikerjakan. Hal ini menjadi bukti kinerja sang pemborong.

  • Portofolio Pemborong
Pemborong yang mempunyai jam terbang (pengalaman) yang tinggi pasti sudah berhasil memuaskan sedemikian banyak klien sehingga jasanya digunakan terus-menerus. Ini menjadi bukti akan kredibilitas mereka ketika tidak ada badan hukum yang dimiliki.

Maka dari itu ketika memilih jasa pemborong, jangan sungkan untuk menanyakan portofolio proyek-proyek yang sudah mereka kerjakan. Lihat, apa saja yang telah dibuat oleh pemborong bangunan tersebut.

  • Referensi dari Klien Terdahulu
Anda bisa mendapatkan referensi pemborong berpengalaman setelah mengetahui review tentang mereka. Tentu saja Anda harus menemukan klien yang sudah memanfaatkan jasa si pemborong tersebut sebelum Anda. Tanyakan pada klien tentang apa saja plus minus dari pemborong tersebut.

  • Layanan Pelanggan
Layanan klien juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebab hubungannya dengan kepuasan konsumen. Demi memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya, pemborong pastinya akan selalu mudah diajak berkomunikasi oleh klien.

Tentu Anda tidak ingin menggunakan pemborong yang sulit dihubungi bukan? Entah sekedar ingin menanyakan belanja bahan, design atau menanyakan rekening pembayaran. Pilihlah pemborong yang dapat melayani Anda dengan jujur dan ramah.

  • Garansi Pekerjaan
Garansi merupakan hak yang dimiliki setiap konsumen setelah menunaikan kewajibannya membayar. Pemborong bangunan yang kredibel, ada yang menawarkan garansi pekerjaan kepada para klien mereka. Besarnya garansi biasanya ditentukan dari nilai proyek pembangunan ataupun dari perjanjian awal. Hal ini juga sangat berhubungan dengan modal yang dimiliki di pemborong.

  • Perbandingan Harga
Yang terakhir, Anda harus bisa memutuskan mana pemborong yang dipilih dengan cera membandingkan harga yang ditawarkan. Tentu saja bukan harus dengan nominal yang sama, melainkan juga berdasar fitur lain yang menjadi kekurangan dan kelebihan.
Jangan hanya mengacu pada tarif yang paling murah diantara beberapa nama pemborong yang sedang Anda perbandingkan. Namun pertimbangkan pula hal lain seperti lamanya waktu yang dijanjikan, adanya garansi pekerjaan, transparansi anggaran dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa pertimbangan yang dapat Anda gunakan saat akan memilih jasa pemborong. Ingat untuk selalu berdiskusi dan bahas SPK supaya penjanjian awal dan garansi dapat menjelaskan setiap hak dan kewajiban pemborong dan klien. Hal ini untuk melindungi kedua belah pihak agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar